Skip to content

Selamat Datang Di Space Jakarta

Tentukan Ruang Yang Tepat Untuk Acaramu!

Space Unik Dan Menarik

Persiapan Muhammad Taufiq "EMTE" Menyambut 2Madison Gallery x Art Jakarta 2024

Persiapan Muhammad Taufiq "EMTE" Menyambut 2Madison Gallery x Art Jakarta 2024

Cara Emte Merayakan Perbedaan Lewat Lukisan dalam Art Jakarta 2024

Seniman kenamaan tanah air Muhammad Taufiq atau yang lebih dikenal dengan nama Emte akan kembali hadir di pameran seni bergengsi Art Jakarta 2024.  Ini akan menjadi partisipasi keenamnya sejak pertama kali ikut serta pada tahun 2015. Konsistensinya dalam mengikuti Art Jakarta menunjukkan komitmennya terhadap dunia seni rupa Indonesia.

Bersama seniman lain, Emte juga menjadi salah satu seniman lokal yang dipilih 2Madison Gallery untuk diusung pada pameran Art Jakarta memamerkan karya-karyanya. Kerjasama antar keduanya telah terjalin sejak tahun 2015, di mana Emte pernah menciptakan artwork yang kemudian diproduksi menjadi merchandise di 2Madison. Selain itu, lukisan-lukisan Emte juga pernah dijual melalui galeri seni ini.

Untuk Art Jakarta 2024, Emte telah menyiapkan empat karya terbaru yang akan dipamerkan di Booth B15 2Madison Gallery. Semua lukisannya akan hadir dengan tema yang menggambarkan upaya menyebarkan kebahagiaan bagi orang-orang di sekitar. Ia mengaku mendapatkan inspirasi dari pola komunikasi manusia dan bagaimana manusia berinteraksi satu sama lain. 

Sementara itu, 2Madison sendiri juga akan menampilkan  “Art Scene SpaceJakarta by 2Madison” di Booth S2. Booth ini akan menjadi galeri mini yang menyuguhkan variasi lukisan-lukisan berukuran kecil. Di sini pengunjung dapat mengeksplorasi lebih banyak kreasi dari seniman lokal tanah air.

Muhammad Taufiq "EMTE"

Memahami Komunikasi Manusia Melalui Karya

Sebagai seorang sebagai ilustrator, desainer grafis, seniman, dan juga komikus, Emte aktif terlibat dalam berbagai kolaborasi. Baik itu dengan brand, proyek komersial, proyek kesenian, maupun proyek personal. Karya-karyanya memiliki spektrum tema yang luas dan gaya-gaya yang dikerjakannya tak melulu gambar yang fashionable, cute, pop art. Prinsipnya ketika menggarap sebuah karya adalah keluar dari kebiasaan dan zona nyamannya.

Hal inilah yang membuat Emte terinspirasi oleh dinamika interaksi manusia, khususnya dalam hal komunikasi dan pergaulan. "Karya-karya saya kali ini berfokus pada bagaimana kita berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar kita, baik yang sudah kita kenal maupun yang baru kita temui. "Interaksi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang selalu memberikan saya banyak inspirasi baru," ujarnya.

Menurut Emte, komunikasi adalah jembatan kreativitas. Karenanya ia akan menghadirkan lukisan yang menggambarkan pertemuan antar manusia. Ia ingin menunjukkan visualisasi antara individu-individu yang saling berkomunikasi dan menjalin relasi. Karyanya seolah ingin menunjukkan jika manusia memang sudah seharusnya memiliki latar belakang dan perspektif yang berbeda, agar ke depannya dapat saling bertukar ide-ide baru dan memperkaya khazanah kreativitas masing-masing.

Progress lukisan EMTE di Studio Lukis

Written By Evelyn